Jumat, 02 Agustus 2013

Desain Trotoar



Ini adalah desain trotoar menggunakan aplikasi google.sketchup, dimana trotoar ini di desain berkeselamatan agar pejalan kaki dapat merasa nyaman dan aman apabila berjalan di trotoar ini. Desain ini mencontoh dari luar negri, sebagaimana kita lihat banyak trotoar di indonesia yang tidak terawat. Dan akhirnya pejalan kaki berjalan di  badan jalan. Pada trotoar yang saya desain ini terdapat zona pedestrian dan zona furniture. Seharusnya zona ini harus dipisah, agar pejalan kaki tidak terganggu dengan tanaman atau pohon yang berada di atas trotoar. Pada zona furniture terdapat perdu-perduan yang berfungsi sebagai separator atau pemisah antara pejalan kaki dengan kendaraan. Lahan furniture juga direndahkan dari trotoar dengan maksud apabila hujan genangan air yang berada di trotoar dapat mengalir ke lahan furniture. Air tersebut tidak terbuang dengan percuma, karena lahan ini terbuat dari tanah yang dapat meresap air tersebut. Ini juga akan menyuburkan tanaman yang berada pada  zona furniture. Jenis pohon yang di tanam pada ruas tentunya tidak sembarangan. Seperti yang kita ketahui banyak pohon dengan diameter atau akar yang lebih besar yang dapat merusak material dari trotar. Pohon yang di tanam yaitu sejenis pohon ketapeng, pohon ini mempunyai diameter batang yang kecil akan tetapi dapat tumbuh lebih tinggi, kanovi dari pohon ini juga tidak kalah dengan pohon lain. Pohon ini dapat mencapat kanovi lebih dari 5 meter. Ini akan membuat zona pedestrian maupun badan jalan dapat merasa teduh dan nyaman.
       Jenis material yang digunakan pada trotoar ini juga berbeda dengan trotoar lainnya. pada trotoar ini menggunakan material kasar berupa kerikil yang halus, ini bertujuan agar trotoar tersebut tidak licin apabila terkena air seperti air hujan. material tersebut juga di cat bewarna merah agar lebih kelihatan jelas pada waktu malam hari. pengemudi juga dapat membedakan mana yang trotoar dan mana yang badan jalan. 
       Seharusnya trotoar harus di desain dengan memperhatikan aspek keselamatan, agar pejalan kaki dapat beraktifitas dengan nyaman dan aman. Dengan desain trotoar seperti ini maka pengguna jalan akan beralih berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan pribadi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar