Jumat, 02 Agustus 2013

POHON JADI MUSUH UTAMA TROTOAR !!















         Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan.
Para pejalan kaki berada pada posisi yang lemah jika mereka bercampur dengan kendaraan, maka mereka akan memperlambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, salah satu tujuan utama dari manajemen lalu lintas adalah berusaha untuk memisahkan pejalan kaki dari arus kendaraan bermotor, tanpa menimbulkan gangguan-gangguan yang besar terhadap aksesibilitas dengan pembangunan trotoar.
Ada beberapa faktor perlu tidaknya di desain  trotoar.
1.    Disepanjang jalan terdapat penggunaan lahan yang menimbulkan potensi  pejalan kaki
2.    Terdapat volume pejalan kaki lebih besar dari 300 orang per 12 jam ( 6.00 dan 18.00 ) dan
3.    Terdapat volume kendaraan lebih besar dari 1000 kendaraaan per 12 jam (6.00 dan 18.00).


Trotoar merupakan sarana pengguna jalan bagi pejalan kaki untuk mencapai tujuan ke suatu tempat. Dengan adanya trotoar akan memudahkan pejalan kaki untuk melakukan pergerakan dan terlindung dari kendaraan yang lain. Dengan berjalan kaki akan membuat kita lebih sehat dari pada kemana-mana menggunakan kendaraan bermotor, yang membutuhkan biaya yang cukup besar .
      Seperti yang kita lihat pada gambar di atas terlihat jelas bahwa pohon ditanam di tengah trotoar. Ini akan menyulitkan pejalan kaki untuk melakukan aktifitas sebagaimana mestinya. Jenis pohon tersebut merupakan trembesi. Padahal apabila trembesi itu akam tumbuh besar akar dari pohon tersebut dapat membongkar material dari trotoar. Akar pohon trembesi merupakan salah satu akar yang besar.
       Apabila akar sudah membesar ini akan merusak material trotoar, tentunya pejalan kaki tidak akan merasa nyaman berjalan di trotoar tersebut. Banyak kita lihat trotoar yang berada di Indonesia sudah tidak layak lagi untuk digunakan, ini harus mendapat perhatian lebih dari pihak yang berwewenang.
Pohon yang ditanam diatas trotoar juga akan berdampak pada perkerasan jalan. Apabila akar dari pohon tersebut lebih besar lagi maka akan merusak perkerasan badan jalan. Untuk itu perlu di desain ulang trotoar yang berkeselamatan agar pejalan kaki dapat merasa nyaman dan aman apabila berjalan di trotoar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar